Minggu, 20 Januari 2013

Tips Jaga Sendi Sehat Dengan Nutrisi Tepat

Bebas beraktivitas dengan sendi yang sehat, pasti semua orang menginginkannya. Sendi yang sehat merupakan elemen penting untuk mendukung mobilitas dan fleksibilitas tubuh sehari-hari. Dengan sendi yang sehat, Anda akan leluasa dalam beraktivitas. 
 

Untuk menjaga kesehatan sendi Anda agar dapat berfungsi optimal, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk kesehatan sendi Anda. Apa sajakah makanan sehat itu?

1. Buah beri

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyatakan bahwa kandungan resveratrol yang ditemukan dalam cranberi, mulberi, bluberi, dan anggur merah, mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan persendian, termasuk mengurangi peradangan. Kandungan flavanoid di dalamnya juga telah terbukti melindungi sel endotel dari stres oksidatif dan menghambat peradangan yang jika dibiarkan dalam waktu yang lama dapat membahayakan sendi.

2. Whole grain

Whole grain merupakan bahan makanan yang tergolong biji-bijian seperti padi, gandum, beras merah, dan jagung. Selain kaya akan serat, biji-bijian juga sangat baik untuk kesehatan sendi. Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, whole grains mengandung choline dan betaine yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi. Selain itu, biji-bijian juga kaya akan mineral tembaga yang berperan dalam menjaga kesehatan sendi dan tulang.

3. Susu & olahannya

Tidak ada yang meragukan khasiat susu bagi kesehatan. Susu dan olahannya seperti keju dan yogurt merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium, zinc, magnesium, dan kandungan vitamin dan mineral, yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang. Rajin mengkonsumsi susu juga bermanfaat untuk menurunkan risiko osteoporosis.

4. Ikan

Ikan tuna dan salmon adalah contoh makanan sehat yang kaya akan asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan. Ikan mengandung asam lemak Omega-3 yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lemak harian. Omega-3 juga telah terbukti sangat baik untuk sendi yang sehat. Asam lemak Omega-3 dapat mengurangi peradangan sehingga dapat mengurangi nyeri sendi. Selain banyak terdapat pada ikan, asam lemak Omega-3 juga banyak terkandung dalam kacang-kacangan seperti almond dan kacang kedelai.

5. Suplementasi glukosamin

Glukosamin merupakan senyawa pembangun penting untuk sendi tulang rawan yang berperan sebagai bantalan pada ujung tulang, mencegah tulang dari keretakan saat Anda bergerak. Sekalipun tubuh memproduksi glukosamin secara alami, suplementasi glukosamin tetap dibutuhkan terutama pada saat tubuh membutuhkannya dalam jumlah yang cukup. Tingkat glukosamin dalam tubuh akan terus berkurang seiring dengan pertambahan usia yang bisa mengakibatkan kerusakan tulang rawan pada sendi.

Sekalipun dianggap sepele bagi sebagian orang, gangguan sendi tetap harus dicegah dan diatasi dengan tepat untuk mengurangi rasa nyeri, memperbaiki kemampuan bergerak dan beraktivitas, dan mencegah kondisi menjadi semakin buruk.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer