Sabtu, 07 April 2012

Apa Itu Steampunk?

Pada awalnya saya ingin mencari gambar untuk template Blog Mungkopas ini. Kemudian saya menemukan sebuah gambar keyboard yang unik. Tapi sayangnya gambar itu terpotong. Lantas saya lihat nama gambar tersebut untuk mencari gambar serupa, terdapat kata "steampunk". Saya pun jadi penasaran sebenarnya apa sih steampunk itu?

 










Setelah saya googling, dijelaskan bahwa steampunk adalah suatu aliran dari science-fiction yang memadukan era mesin uap sebagai tema utamanya dengan berbagai elemen fiksi dan fantasi. Setting yang terutama dipakai adalah di Britain pada era Victorian di mana saat itu mesin uap sedang ramai digunakan. Aliran steampunk ini muncul antara tahun 1980 – 1990. Dalam wikipedia disebutkan, steampunk melibatkan berbagai fitur seperti ‘anachronistic technology’, yaitu penggunaan teknologi lampau dan kuno pada era modern ; inovasi dan penemuan futuristik yang ada dalam imajinasi para pakar era Victorian ; dan berbagai teknologi pada era Victorian tersebut yang ditampilkan menurut pandangan sejarah yang berbeda.

Istilah steampunk sendiri ditemukan penulis K.W.Jeter yang berusaha untuk menemukan istilah umum untuk novel ‘Anubis Gate’ (karya Tim Powers,1983), ‘Homonculus’ (James Blaylock,1986), ‘Infernal Device’ (K.W.Jeter,1987). Ke semua karya tersebut memiliki dua karakteristik. Pertama ber-setting pada era Victorian di abad ke-19. Kedua semuanya mengikuti gambaran karya-karya fiksi yang muncul pada era tersebut, seperti misalnya The ‘Time Machine’ (H.G.Wells,1895). Steampunk banyak mengadopsi gaya dari penulis abad ke 19, seperti Jules Verne, H.G.Wells, Mark Twain.

Secara umum terdapat berbagai sub-genre steampunk. Historical steampunk adalah science-fiction yang ber-setting pada periode historis yang dikenal (baik aktual maupun alternate), yaitu pada masa revolusi industri dimulai sebelum masa listrik dikenal luas. Masa yang paling sering digunakan adalah masa Victorian dan Edwardian. Fantasy-world steampunk adalah steampunk yang ber-setting di luar periode historis, lebih tepatnya dalam sebuah dunia fantasi.

Steampunk saat ini populer dalam berbagai budaya dan segmen. Hal ini memunculkan berbagai pergerakan untuk membentuk budaya dan gaya hidup steampunk. Neo-Victorianism merupakan istilah untuk pembauran nilai estetis dari era Victorian dengan berbagai hal modern.



6 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer