Sabtu, 19 Januari 2013

Tanda Parkit Betina Akan Bertelur

Tidak selalu mudah untuk mengetahui tanda apakah burung parkit betina sedang hamil dan siap bertelur. Tidak seperti binatang lainnya, parkit tidak memiliki tanda spesifik saat hendak bertelur. Jika parkit betina sudah dikawinkan, amati berbagai gejala berikut untuk mengetahui apakah parkit sudah siap bertelur atau belum.
 

Bersarang

Amati apakah parkit betina mulai membuat sarang di kandang! Parkit biasanya membuat sarang dari berbagai material yang terdapat dalam kandang. Sarang ini dipergunakan sebagai tempat parkit menempatkan telur-telurnya. Jika parkit betina mulai membangun sarang, ini menjadi pertanda peliharaan Anda mungkin akan segera bertelur. Bantu parkit mempersiapkan proses bertelur dengan memberikan berbagai material pembuat sarang seperti ranting atau rumput kering.

Gelisah

Perilaku parkit betina yang lebih gelisah atau tegang dari biasanya merupakan salah satu tanda bahwa si parkit mungkin akan bertelur. Parkit yang biasanya bertengger, saat sedang akan bertelur umumnya menjadi lebih sering tinggal di lantai kandang. Jika hal ini terjadi dalam waktu lama, parkit mungkin mengalami kesulitan untuk bertelur. Cobalah menggosokkan sedikit minyak zaitun pada anus parkit sehingga telur lebih mudah keluar. Jika metode ini tidak membantu, mungkin Anda perlu membawa parkit ke dokter hewan.

Perubahan Fisik

Masa parkit bertelur umumnya hanya berlangsung sekitar dua hari sehingga tanda-tanda fisik umumnya tidak terlalu terlihat. Perut parkit betina yang hendak bertelur tidak selalu tampak membesar. Jadi, melihat perubahan perilaku umumnya lebih akurat dibanding melihat terjadinya perubahan fisik
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer