Sabtu, 05 Januari 2013

Belajar Double Stick Nunchaku

Nunchaku atau biasa disebut ruyung adalah senjata tradisional Okinawa yaitu dua tongkat yang dihubungkan rantai atau tali. Pada awalnya, bahan tongkat itu terbuat dari kayu, tapi setelah berkembang, tongkat tersebut bisa dari apa saja, misalnya plastik, karet dan logam. Senjata ini telah dipopulerkan oleh Bruce Lee, walaupun dia bukanlah penemunya.


Nunchaku China cenderung bulat, sedangkan versi Okinawa memiliki bentuk hexagonal (segi delapan) yang memungkinkan salah satu ujung Nunchaku membuat peningkatan kerusakan yang ditimbulkan.



Panjang ideal masing-masing tongkat harus cukup panjang sehingga mampu melindungi lengan bawah saat dipegang. Kedua ujung biasanya panjangnya sama, ada juga Nunchaku yang asimetris. Panjang yang ideal untuk menghubungkan tali atau rantai memungkinkan Nunchakers merasa nyaman. Berat keseimbangan Nunchaku sangat penting, Nunchaku yang murah dan menarik perhatian biasanya tidak benar keseimbangannya, yang mencegah pengguna melakukan bergerak lebih maju atau overhand twirls.

Apakah Anda ingin sekali belajar Nunchaku? Apa yang harus dipersiapkan sebelum belajar nunchaku?
  1. Nunchaku, banyak di toko olahraga.
  2. Niat, percuma beli Nunchaku hanya dipajang di rumah.
  3. Tempat yang lapang, jangan di dalam rumah yang sempit.
  4. Ketahanan fisik. Nunchakers pemula pasti kena benturan nunchakunya sendiri saat latihan, senjata makan tuan. Terkena di kepala, lutut, pinggang, sikut itu sudah biasa, karena itulah resiko bermain Nunchaku. Setiap kegiatan pasti ada resikonya.

Apa manfaat belajar Nunchaku? Pertanyaan seperti ini tidak jarang muncul. Banyak sekali manfaat belajar Nunchaku seperti:
  1. Keseimbangan otak kiri dan otak kanan.
  2. Melatih kekuatan otot lengan.
  3. Menyehatkan, karena ini termasuk olahraga.
  4. Skill ketahanan tubuh meningkat akibat dari resiko benturan yang diterima saat bermain Nunchaku.
  5. Pertahanan diri dari musuh, karena ini termasuk beladiri.
  6. Senjata yang tidak mudah dicurigai. Pernahkan Anda mendengar peraturan di sekolah, di kampus atau di tempat lain yang melarang membawa senjata tajam dan senjata api? Coba Anda pikirkan maksud ini?
  7. Tampil beda. Jika Anda menjadi Nunchaker sejati, perlihatkan skill Anda di depan orang banyak. Apa yang mereka pikirkan? "Wow ada Bruce Lee!"
  8. Nunchaku bisa mengisi kantong Anda. Bila Anda melakukan ini sebagai bisnis entertainment.
Anda ingin sekali belajar tapi harus mulai dari mana dulu? Jangan khawatir, banyak situs yang menyediakan tutorial Nunchaku gratis. Youtube misalnya, atau di sini.



Apakah Anda penasaran dengan sejarah Nunchaku?

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer