Kamis, 19 April 2012

Perkabelan, Salah Satu Faktor yang Membuat Motor Lawas Rewel

Masalah perkabelan pada motor tua sangat rentan rusak, selain karena umurnya yang bisa bikin kabel getas, gesekan bertahun-tahun pada parts bodi motor serta kendornya soket-soket seringkali menyebabkan motor ngambek. Dari permasalahan sepele seperti klakson/lampu/sein mati hingga parah sampai menyebabkan motor mogok.


Dengan tips berikut mungkin bisa membantu mengatasi masalah perkabelan motor tua untuk mencegah timbulnya masalah :
  1. Perhatikan kondisi soket secara rutin, pastikan antar satu kabel dan kabel lain terkoneksi secara kuat
  2. Hindari memasang perangkat elektronik yang tidak perlu
  3. Jangan biarkan ada sambungan kabel/ soket yang telanjang, lindungi dengan isolasi
  4. Saat hujan sangat rentan bikin mogok motor lawas. Perhatikan sambungan kabel yang mungkin terpapar air hujan. Bisa dari jatuhnya air hujan langsung, maupun dari cipratan roda depan atau belakang. (Tiger SF pernah sampe leleh soket kiprok gara2 ini), cop busi segera ganti jika karet pelindungnya getas.
  5. Ada satu tip lagi yang saya dapet dari bengkel, kabel berisi arus yang menghubungkan spul ke kiprok rentan rusak karena panas yang berlebihan, untuk itu jika rusak ganti dengan kabel yang hambatannya lebih kecil ( kabel lebih besar lebih luas penampang tembaganya) klo motor2 baru sih sudah oke harusnya.
  6. Satu lagi tips berlaku untuk motor lawas atau motor baru. Untuk motor yang memakai peralatan elektronik berdaya besar seperti lampu H4 55 watt atau klakson stebel/hella jangan gunakan kabel bawaan pabrik karena arusnya terlalu besar sehingga bisa bikin kabel overheat. Pake saja relay yang arusnya mengambil langsung dari aki.
Semoga bermanfaat.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer