Selasa, 24 April 2012

6 dari 10 Artikel Wikipedia Tak Akurat?

Buat yang suka mengandalkan Wikipedia untuk mencari info, lebih baik hati-hati. Soalnya artikel yang ada di Wikipedia belum tentu benar.

Hal ini tidak sembarangan dilontarkan. Soalnya ada hasil penelitian yang bilang kalau enam dari sepuluh artikel di Wikipedia tidak akurat. Artinya 60 persen tidak akurat.

Penelitian tersebut dilakukan oleh tim jurnal ilmiah Public Relation Jurnal dari Penn State University. Mereka bertanya kepada 1284 responden tentang artikel Wikipedia. Responden tersebut merupakan orang yang bertanggungjawab menangani informasi tentang sesuatu, misalnya perusahaan yang jadi klien mereka. Dari situlah diketahui kalau informasi di Wikipedia tak selalu benar dan akurat.

Hal ini sebenarnya tak mengagetkan. Soalnya Wikipedia bisa diedit oleh publik. Makanya akurasi informasi di Wikipedia bisa sangat melenceng dari yang sebenarnya. Malah, kadang memang ada orang yang sengaja mengedit Wikipedia dengan informasi palsu.

Melencengnya informasi ini makin diperparah oleh lambannya administrator menangani kesalahan. Meski para responden mengaku pernah memprotes Wikipedia soal info yang salah, respon administrator tidak cepat.

Para peneliti berpendapat kalau Wikipedia harus segera melakukan perbaikan. Mengingat banyak orang menjadikan Wikipedia sebagai sumber informasi utama. Malah banyak pelajar yang mencari jawaban tugas dan pekerjaan rumah mereka dari Wikipedia.

Nah, dari situ mestinya kita belajar untuk cek dan ricek. Kalau bisa jangan percaya satu sumber saja. Cari sumber informasi lain.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer