Jumat, 13 April 2012

Hang? Instrumen Musik Apakah Ini?

Hang merupakan alat musik yang termasuk golongan Idiophone yang diciptakan oleh PANArt di Swiss. Yang disebut Idiophone adalah setiap alat musik yang mengeluarkan suara terutama dengan cara menggetarkannya, tanpa menggunakan senar atau membran.


Hang adalah alat musik yang terbuat dari dua lembaran baja Nitrided yang dilekatkan bersama-sama sehingga membentuk suatu bidang yang mirip atau dikenal sebagai “bentuk UFO”. Di dalamnya kosong, hana berisi udara. Bagian atas ("Ding"), ditengahnya terdapat satu bidang nada dengan bentuk tonjolan keluar, di sekitarnya terdapat tujuh atau delapan bidang nada dengan bentuk tonjolan ke dalam. Bagian bawah ("Gu") merupakan permukaan sederhana yang memiliki lubang pada bagian tengahnya dengan nada yang bisa disesuaikan ketika lingkaran dibunyikan.
 

Hang menggunakan beberapa prinsip fisik yang sama seperti panci baja tetapi dengan permukaan Nitrided dan perubahan struktural yaitu seperti dua tempurung yang dijepit dan memiliki lubang kecil. Jadi instrumen tersebut merupakan suatu resonator Helmholtz. Penciptaan Hang merupakan hasil penelitian selama bertahun-tahun terhadap steelpan (panci baja) serta studi tentang koleksi beragam instrumen dari seluruh dunia seperti gong, gamelan, ghatam, drum dan lonceng. Penelitian Metalurgi dan akustik dilakukan oleh para pembuat telah memberikan perubahan signifikan dan perbaikan dalam struktur, proses desain, dan selama bertahun-tahun sejak Hang pertama ditawarkan.


Hang kadang-kadang disebut sebagai Hang Drum. Nama “drum”, bagaimanapun juga tidak disarankan oleh PANArt. Menurut mereka, dengan memperlakukannya seperti sebuah drum dan mempromosikannya dengan nama Hang Drum, misalnya, telah menciptakan efek riak informasi yang salah dan rusak terhadap Hang, cedera fisik dan mental serta kekacauan emosional.






Sumber

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer