Jumat, 09 November 2012

Jenis-jenis Burung Kenari Berdasarkan Keunggulannya

Sebagaimana hewan lainnya, burung kenari memiliki beberapa jenis yang perlu Anda kenali. Hal ini penting berkaitan dengan kebutuhan rekan-rekan saat memutuskan untuk memilih memelihara kenari.



Jenis-jenis Burung Kenari Berdasarkan Keunggulannya (Kriteria Kontes)

Berdasarkan keunggulannya, jenis burung kenari dibagi menjadi:

1. Kenari Postur (Type Canary)

Yang dimaksud dengan Kenari Postur ialah kenari yang unggul di postur. Keunikannya di sini mulai dari posturnya yang besar panjang, kecil mungil, sampai berbentuk seperti bola dan lain-lain. Contoh Kenari Postur adalah: Yorkshire, Lancashire, Norwich, Gloster, Border, Lizard, Crested, Frill, Scotch Fancy, Fancy, Fife Fancy dan lain-lain. Kenari Postur juga dapat berkicau seperti burung kenari pada umumnya. Di luar negeri, Kenari Postur ini dilombakan bukan untuk berkicau, yang dinilai adalah keserasian bentuk postur (sesuai kriteria yang disepakati) mulai dari ujung paruh sampai ujung kaki.

2. Kenari Warna (Colorbred Canary)

Kenari Warna yaitu kenari yang unggul di warna bulu. Kenari ini sengaja direkayasa (genetik maupun secara fisiologis) untuk menghasilkan warna bulu yang unik, kontras dan menarik. Contoh Kenari Warna yaitu yang biasa kita kenal dengan Kenari Red Intensive, Red Mozaic, Yellow Intensive, White Dominant, dan lain-lain. Kenari Warna juga dapat berkicau seperti burung kenari pada umumnya. Di luar negeri, kenari warna ini dikonteskan bukan untuk berkicau, yang dinilai adalah keserasian warna bulu (sesuai kriteria yang disepakati).

3. Kenari Nyanyian (Song Canary)

Disebut Kenari Nyanyian karena kenari jenis ini unggul di nyanyian atau kicauannya. Suara yang merdu dengan naik turunnya nada, permainan kecepatan nada dan mampu menirukan nada-nada yang diperdengarkan merupakan ciri khas burung kenari ini. Contoh Kenari Nyanyian adalah: Waterslager, Spanish Timbrado, Roller, American Singer, Persian Singer, Rusian Singer dan lain lain (belum mendapat pengakuan secara resmi oleh COM). Kenari Penyanyi bertubuh kecil seperti Kenari Warna dan memiliki warna bulu yang beragam, tetapi kualitas kicauannya sangat baik dan menarik. Di luar negeri, Kenari Penyanyi ini di konteskan berdasarkan jenisnya, yang dinilai adalah keserasian lagu (sesuai kriteria yang disepakati) mulai awal lagu sampai akhir.

4. Kenari Hybrid (Hybrid Canary)

Kenari Hybrid bisa juga disebut dengan Custom Canary. Kenari jenis ini adalah kenari hasil persilangan yang rancang berdasarkan keinginan dari breedernya. Umumnya Kenari Hybrid adalah persilangan dari beberapa jenis kenari yang dianggap unggul dalam hal tertentu. Untuk dapat memperdalam Kenari Hybrid ini, dituntut pengetahuan yang lengkap untuk sifat-sifat unggul semua jenis burung kenari yang ada. Contoh Kenari Hybrid adalah Yorkshire (silangan dari Lancashire-Scotch Fancy-Norwich), American Singer (silangan dari Border dan Roler) dan lain-lain yang sudah diakui menjadi strain sendiri.

Di Indonesia, teman-teman breeder kenari yang berwawasan luas, sudah sejak lama mengembangkan jenis Kenari Hybrid sesuai tingkat kebutuhan penggemar kenari di Indonesia. Biasanya kita menyilangkan beberapa jenis Kenari Penyanyi dengan Kenari Postur. Maka dihasilkan Kenari impian yang berpostur menarik dan memiliki lagu yang menarik juga.

Memang standar kualitas yang kita (orang Indonesia) patok untuk burung kenari sangat tinggi. Yaitu kenari harus berpostur besar proporsional, berkaturanggan baik, warna menarik dan memiliki lagu yang menawan. Ini hanya kita dapatkan apabila kita menyilang secara genetika beberapa jenis kenari unggul untuk menghasilkan kenari impian tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer