Jumat, 13 Juli 2012

Plugin-plugin Keren untuk Adobe Photoshop

Untuk menghasilkan sebuah foto yang menarik, aplikasi Adobe Photoshop menyediakan beragam fasilitas. Selain fasilitas-fasilitas yang secara default telah terdapat di dalam aplikasi Adobe Photoshop, Anda juga dapat menambahkan fasilitas-fasilitas lainnya untuk melengkapi kemampuan aplikasi pengolah foto ini. Salah satunya dengan menambahkan beragam plugin Photoshop. 
 

Plugin Photoshop merupakan salah satu fasilitas atau alat bantu yang bisa Anda gunakan untuk memberi sentuhan yang keren pada foto dengan cepat dan mudah. Bagi Anda para pengguna aplikasi Adobe Photoshop, mengolah foto untuk menghasilkan tampilan yang spektakuler tentu membutuhkan keahlian, latihan, dan teknik yang mumpuni.

Kemampuan ini tentunya tidak bisa diperoleh dengan cepat, tidak cukup hanya dengan belajar satu atau dua minggu saja. Selain itu, dibutuhkan juga selera seni yang tinggi agar sentuhan yang dihasilkan pada foto benar-benar unik dan artistik.

Bagaimana solusinya? Solusi tercepat dan termudah adalah dengan menggunakan plugin Photoshop. Dengan plugin-plugin ini semua kesulitan yang berkaitan dengan pengolahan foto akan teratasi dengan mudah.

Nah, apa sih sebenarnya plugin Photoshop ini? Plugin Photoshop adalah program tambahan yang bisa dimasukkan ke dalam aplikasi Photoshop sehingga aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menambahkan efek-efek tertentu dan pengolahan lainnya yang cukup sulit dilakukan dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Beberapa plugin bisa diperoleh secara gratis dan ada pula yang berbayar.
Plugin Photoshop Pilihan

Ada puluhan bahkan ratusan plugin Photoshop yang bisa Anda temukan di berbagai situs penyedia plugin ini. Anda bisa memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk memudahkan Anda dalam memilih plugin, berikut ini beberapa plugin terbaik yang bisa Anda unduh dan gunakan.

• Plugin Face Control

Plugin ini memiliki kemampuan untuk mengubah ekspresi pada foto wajah dengan cepat. Anda bisa mengubah foto wajah seseorang dengan ekspresi tersenyum menjadi cemberut, ataupun sebaliknya dengan mudah dan cepat. Plugin ini bisa diperoleh secara gratis di www.redfieldplugins.com.

• Plugin Dreamy Photo

Plugin ini berfungsi untuk menambahkan efek berkabut sehingga foto terlihat samar seperti dalam mimpi. Efek artistik ini bisa Anda dapatkan dalam sekejap saja dengan menggunakan plugin Dreamy Photo. Plugin ini dapat diperoleh secara gratis di situs www.autofx.com. Namun Anda perlu mengisikan alamat email pada kolom-kolom yang tersedia di situs ini untuk memperoleh nomor seri plugin.

• Plugin Water Ripples

Membuat efek air yang bergelombang yang alami bisa menghabiskan waktu Anda. Namun dengan menggunakan plugin Water Ripples ini, Anda bisa menciptakan efek tersebut dengan cepat. Plugin ini dapat diperoleh secara gratis di situs www.redfieldplugins.com.

• Plugin Virtual Photografer

Plugin ini membantu Anda untuk menghasilkan foto dengan tampilan yang profesional seperti halnya bidikan fotografer profesional. Dengan Plugin ini Anda bisa memberi sentuhan efek hitam putih, fokus yang lembut, kontras foto yang tinggi dan beberapa fotografi efek lainnya. Plugin ini bisa diperoleh secara gratis di situs www.optikvervelabs.com.

• Plugin The Works

Plugin yang satu ini berisi 8 efek filter yang lengkap untuk Anda. Efek-efek menarik yang tersedia dalam plugin ini antara lain Alpha Works yang berfungsi menghilangkan warna hitam atau putih dengan cepat untuk menghasilkan area transparan dan Edge Works yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan tampilan objek yang dramatis dan stylish. Versi terbaru plugin ini bisa Anda peroleh di situs www.cybia.co.uk.
 
• Plugin Mirror

Seperti namanya, plugin ini berfungsi memudahkan Anda membuat efek mirror atau bayangan pada sebuah foto. Misalnya saja bila Anda ingin menambahkan efek bayangan pemandangan gunung pada permukaan air danau yang terdapat di kaki gunung. Plugin ini bisa Anda peroleh dengan mudah di situs www.mehdiplugins.com.

• Plugin B/W Conversion

Aplikasi Adobe Photoshop memang sudah menyediakan fasilitas untuk mengubah tampilan foto berwarna menjadi foto hitam putih. Namun plugin menawarkan kemampuan lain yakni kemampuan untuk mengontrol beberapa tonal, beberapa preset hitam putih, toning efek, efek lensa filter berwarna dan beberapa kemampuan lainnya untuk menghasilkan tampilan foto hitam putih yang unik dan menarik. Plugin ini bisa Anda peroleh secara gratis di situs www.photo-plugins.com.

• Plugin Soft Focus

Plugin ini cocok digunakan untuk memberi sentuhan pada foto diri, lukisan atau foto bertemakan fashion. Plugin ini dilengkapi dengan pengaturan untuk menentukan tingkat kekuatan fokus dan tampilan efek secara keseluruhan sehingga menghasilkan tampilan fokus yang menarik pada sebuah foto. Plugin ini bisa diperoleh di situs www.photo-plugins.com.

• Plugin Harry’s Filter

Tak tanggung-tanggung plugin ini berisi 69 efek image yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik foto. Efek-efek yang tersedia di plugin ini dikelompokkan ke dalam empat kategori yakni Color, Artistic, Gradients, Patterns, Warp, Noise, En/ Decrypt, Other dan Nature. Plugin ini bisa diperoleh secara gratis di situs thepluginsite.com.

Memasang Plugin Photoshop

Bila Anda telah mengunduh plugin Photoshop yang ingin digunakan, selanjutnya pasanglah plugin tersebut di aplikasi Photoshop Anda. Nah, ada dua cara menginstal plugin sesuai dengan format file plugin yang Anda peroleh, yaitu sebagai berikut.

• Cara Pertama

Bila Anda memperoleh format file plugin berupa setup atau application, maka untuk menginstalnya cukup lakukan klik-ganda saja pada file plugin hasil download dan ikuti petunjuk instalasi plugin yang muncul hingga selesai.

• Cara Kedua

Jika Anda memperoleh file plugin dengan format file .8bf atau format file lainnya, maka Anda bisa menginstalnya dengan meletakkan hasil penggandaan file plugin di subfolder aplikasi Photoshop.

Misalnya saja jika Anda menggunakan sistem operasi Windows maka letakkanlah file plugin pada folder Program FilesAdobeAdobe Photoshop CS3Plug-Ins. Buatlah sebuah folder baru di dalam folder Plug-Ins untuk meletakkan file-file plugin hasil download. Berilah nama folder baru itu sesuai dengan nama plugin yang Anda unduh.

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, baik dengan cara yang pertama ataupun dengan cara yang kedua, tutuplah aplikasi Adobe Photoshop yang sedang berjalan dan kemudian luncurkan kembali sehingga penambahan plugin terbaca oleh aplikasi Photoshop Anda. Selanjutnya plugin pun siap digunakan. Selanjutnya, plugin tambahan yang telah terinstal di Photoshop bisa ditemukan di dalam menu Filter.
Contoh Penggunaan Plugin Photoshop

Penggunaan plugin Photoshop yang satu dengan penggunaan plugin yang lainnya tentu memiliki perbedaan karena setiap plugin memiliki pengaturan yang berbeda-beda pula. Namun pada dasarnya, penggunaan plugin tidak jauh berbeda dan tidak rumit.

Agar gambaran mengenai penggunaan plugin Photoshop lebih jelas bagi Anda, cobalah simak contoh penggunaannya berikut ini.
Bukalah sebuah image yang hendak diberi sentuhan dengan menggunakan plugin Photoshop.
Lantas pilihlah menu Filter dan temukan plugin yang telah terpasang di dalam menu ini.
Bila Anda telah menemukannya, klik saja pada nama plugin tersebut.
Setelah itu, Anda akan mendapati munculnya sebuah jendela pengaturan yang berisi pengaturan berkaitan dengan plugin. Lakukan pengaturan pada jendela ini sesuai dengan hasil tampilan yang Anda inginkan. Biasanya tersedia sebuah preview image yang memudahkan Anda melihat perubahan image sesuai dengan pengaturan yang Anda lakukan.
Jika sudah klik tombol OK pada jendela tersebut dan sentuhan keren pun telah ditambahkan pada image Anda.

Nah demikian sekelumit informasi mengenai plugin Photoshop, semoga bisa membantu Anda yang ingin memberi sentuhan keren dengan cepat dan mudah dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Sumber
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer