Jumat, 04 Mei 2012

Tips Agar Laptop atau Notebook Tidak Cepat Panas

Apakah laptop atau notebook yang Anda gunakan sering atau mudah panas? Hati-hati saja, karena laptop memang tidak tahan terhadap panas. Dan jika laptop sudah terlalu panas maka bisa jadi nantinya akan mati dengan sendirinya, dan bila ini terjadi berkali-kali maka akan memperpendek umur laptop. Kerusakan yang paling sering terjadi akibat laptop sering mati mendadak adalah harddisk.



Supaya laptop tidak cepat panas, simak beberapa tips agar laptop tidak cepat panas di bawah ini:

1. Gunakan cooling pad untuk laptop
Cooling pad membantu mengeluarkan udara panas dari laptop. Jika cooling pad kotor, jangan lupa untuk membersihkannya agar tidak ada debu yang menempel pada laptop.

2. Nyalakan laptop di ruang terbuka atau setidaknya udara bisa mengalir bebas
Jangan menyalakan laptop di atas pangkuan Anda ataupun di atas permukaan lunak seperti kasur, bantal, sofa. Karena permukaan yang lunak dapat menghambat lubang sirkulasi udara laptop.

3. Hindari overclock kinerja laptop
Jangan overclock kinerja laptop kalau tak perlu. Overlock dengan perangkat lunak pihak ketiga akan menyebabkan panas yang berlebihan pada komponen-komponen laptop sehingga memperbesar peluang laptop Anda untuk kepanasan.

4. Gunakan laptop di tempat yang sejuk atau ruangan ber-AC
Hindari menggunakan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

5. Istirahatkan laptop
Apabila Anda seorang yang suka main game dengan laptop, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat untuk laptop Anda. Karena LCD dan komponen laptop lainnya sangat rentan dengan panas.

6. Bersihkan kipas & heatsink laptop dari debu
Laptop yang sudah lama dipakai tentunya debu akan menumpuk di sekitar kipas & heatsink. Debu akan menghalangi udara yang masuk lewat cooling pad dan juga hembusan udara panas yang keluar.

Semoga tips cara membuat laptop tidak cepat panas diatas dapat bermanfaat danlaptop anda bisa jadi awet dan tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer