Selasa, 29 Mei 2012

Sejarah Perayaan Hari Ulang Tahun

Sejarah Hari Ulang Tahun
Hal ini sangat menarik untuk mempelajari sejarah perayaan ulang tahun. Sejarah ulang tahun dapat ditelusuri sebelum munculnya agama Kristen di mana perayaan untuk menangkal roh jahat! Jika ini mengejutkan Anda, baca terus untuk fakta yang lebih menarik dan kemajuan bertahap dari perayaan ulang tahun dalam sejarah.


Perkembangan Kalender
Awalnya manusia tidak tahu bagaimana menghitung tanggal sehingga mereka tidak dapat memperhatikan peringatan peristiwa penting (baca: dianggap penting, pent) seperti ulang tahun. Secara bertahap, manusia mulai mengerti siklus lunar dan mereka mengembangkan kalender berdasarkan siklus lunar tersebut. Hal ini membuat mudah bagi mereka untuk menghitung tanggal lahir dan merayakannya.

Sejarah Perayaan Hari Ulang Tahun
Sejarah perayaan ulang tahun dapat ditelusuri kembali sebelum munculnya Kristen. Dalam budaya pagan diyakini roh-roh jahat mengunjungi orang – orang pada hari ulang tahun mereka. Untuk melindungi orang yang memiliki ulang tahun dari pengaruh jahat, orang-orang diundang untuk mengelilingi dia dan berpesta. Membuat banyak suara untuk menakut-nakuti roh-roh jahat. Pada waktu itu tidak ada tradisi membawa hadiah dan tamu menghadiri pesta ulang tahun akan membawa keinginan yang baik bagi orang ulang tahun. Namun, jika tamu membawa hadiah itu dianggap sebagai pertanda baik bagi orang kehormatan. Kemudian, bunga menjadi cukup populer sebagai hadiah Ulang Tahun.

Catatan Perayaan Ulang Tahun
Para sejarawan yakin bahwa perayaan ulang tahun diselenggarakan di beberapa masa tetapi ada beberapa catatan yang sama. deskripsi perayaan ulang tahun terdokumentasi hanya untuk raja-raja, bangsawan jabatan tinggi dan mereka yang memegang posisi tinggi di masyarakat. Pada masyarakat umum dan terutama anak-anak tidak mampu untuk merayakan ulang tahun. Sejarawan percaya bahwa perbedaan ini ada karena hanya kaum bangsawan itu cukup kaya untuk mengadakan pesta ulang tahun dan dianggap cukup penting untuk ditulis tentang perayaannya tersebut.

Perayaan Ulang Tahun Populer dalam Sejarah
  • Perayaan Ulang tahun yang paling terkenal dalam sejarah adalah Yesus Kristus. Selama hampir 2000 tahun sejak kelahiran Yesus di Betlehem, orang Kristen telah menghormatinya sebagai Natal.
  • Sekitar 4.000 tahun yang lalu Raja Firaun merayakan ulang tahunnya dengan memberikan suatu hari raya bagi pengikut istananya.“Dan terjadilah pada hari ketiga, hari kelahiran Firaun, maka Firaun mengadakan perjamuan untuk semua pegawainya. Ia meninggikan kepala juru minuman dan kepala juru roti itu di tengah-tengah para pegawainya.” [Perjanjian Lama, Kejadian 40 : 20]
  • Raja Herodes dikatakan telah merayakan ulang tahunnya dengan memperlakukan raja, kapten tinggi dan teman-teman khusus dengan pesta makan malam khusus di Galilea.“Akhirnya tiba juga kesempatan yang baik bagi Herodias, ketika Herodes pada hari ulang tahunnyamengadakan perjamuan untuk pembesar-pembesarnya perwira-perwiranya dan orang-orang terkemuka di Galilea.” [Perjanjian Baru, Markus 6:21]
Sejarah Tradisi dan Simbol – Simbol Ulang Tahun yang Populer
Beberapa tradisi dan simbol-simbol ulang tahun yang populer yang kita lihat sekarang ini berasal ratusan tahun yang lalu. Beberapa percaya bahwa tradisi kue ulang tahun yang dimulai oleh orang Yunani awal yang membuat kue berbentuk bulat atau bulan (merepresentasikan bulan purnama) untukkuil Artemis – Dewi Bulan. Lainnya percaya bahwa kebiasaan kue ulang tahun yang dimulai di Jerman di mana orang membuat roti dalam bentuk bayi Yesus kain lampin.

Kebiasaan populer menyalakan lilin pada kue dikatakan berasal dari Yunani yang menggunakan lilin yang menyala pada kue yang dipersembahkan untuk Artemis (Dewi Bulan) untuk membuatnya bersinar layaknya bulan. Meskipun beberapa percaya bahwa adat berasal karena keyakinan agama bahwa tuhan tinggal di langit dan menyalakan lilin membantu untuk mengirim sinyal atau doa kepada dewa. Jerman dikatakan telah menempatkan sebuah lilin besar di tengah kue untuk melambangkan‘cahaya kehidupan’. Bahkan orang-orang hari ini membuat ‘silent wishes’ saat mereka meniup lilin. Hal ini diyakini bahwa meniup semua lilin dalam satu nafas membawa keberuntungan.

Ulang Tahun di Masa Kini
Selama bertahun-tahun perayaan ulang tahun menjadi sangat populer di seluruh dunia dan hari ini mereka secara global dirayakan oleh orang-orang terlepas dari kasta dan status sosial. Meskipun metode perayaan ulang tahun serupa di sejumlah negara beberapa negara mengikuti cara unik untuk perayaan berdasarkan lingkungan budaya mereka, tradisi agama dan kepercayaan spiritual. Di mana-mana ulang tahun adalah hari istimewa orang dan pesta ulang tahun diselenggarakan untuk menikmati hari dengan bersenang-senang dengan orang yang dicintai. Mereka yang tidak mampu hadir, mengirim ucapan selamat dan do’a mereka lewat Birthday Cards mengikuti tradisi yang dimulai di Inggris sekitar 100 tahun yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer