Selasa, 01 Mei 2012

Resensi Buku: Belajar Goblok dari Bob Sadino

Bob Sadino, ikon entrepreneur Indonesia, hadir membagikan ilmunya di bidang kewirausahaan yang telah menjadi kunci suksesnya selama puluhan tahun. Pengusaha agroindustri yang dikenal sebagai boss dari Kem Chicks ini ternyata memiliki segudang kiat dan trik yang ‘nyeleneh’ namun terbukti ampuh dalam membangun bisnis yang terus berkembang.


Berasal dari keluarga yang sederhana, sempat berprofesi sebagai kuli bangunan hingga pedagang telur keliling ternyata tak menyurutkan semangat Bob untuk merintis usahanya. Baginya, menjadi ‘orang bodoh’ seperti dirinya bukanlah halangan untuk sukses, namun justru memudahkan dalam mencapai keberhasilan.

Ia menganggap ilmu sekolahan hanya melahirkan kaum sarjana yang lamban dan teracuni oleh pengetahuan basi. Bob sendiri banyak menimba ilmu dengan metode ‘street learning‘ alias belajar mempraktikkan secara langsung, dan tentu saja jauh dari lingkungan sekolahan. Tidak heran banyak ajarannya yang mendobrak dan memutarbalikkan pakem-pakem manajemen dan ekonomi yang selama ini diagung-agungkan kaum sarjana. Namun dari situlah ia menemukan bahwa untuk sukses kita harus menjadi ‘goblok’. Mengapa?

Dalam melakukan usahanya Bob memegang beberapa prinsip. Ia selalu menciptakan pasar bagi produknya, bukan mencarinya. Mencari-cari pasar, seperti yang banyak diajarkan di bangku kuliahan, hanya membuag-buang waktu dan tenaga saja. Bob juga tidak pernah bertele-tele dalam merancang usahanya. Baginya yang terpenting adalah, segera lakukan dan lihat hasilnya! Kegagalan dan kerugian justru merupakan hal yang dicarinya, untuk meningkatkan kualitas dirinya dan para karyawan.

Dalam memilih karyawannya, Bob tidak pernah melihat latar belakang pendidikan. Ia justru menerima orang dengan syarat mau bekerja dan belajar. Jika ada kesalahan yang dilakukan oleh karyawannya, ia justru melihatnya sebaga satu bentuk pendidikan yang tak ternilai harganya.Karyawan seperti itu justru dipertahankan karena telah mengecap pembelajaran dari kesalahan yang diperbuatnya.

Bob senantiasa memperlakukan semua orang sebagaimana keluarganya sendiri. Termasuk karyawan dan konsumennya. Baginya, karyawan sudah seperti anak kandungnya sendiri, yang senantiasa dijaga dan dilindungi. Ia menyerahkan kepercayaan penuh kepada karyawannya untuk mengelola usahanya dan memberi kesempatan untuk berlomba menjadi yang terbaik. Tidak heran perusahaan Bob terus berkembang sekalipun banyak kompetitor yang menunggu di luar sana.

Sedangkan konsumen bagi Bob adalah paspornya menuju keberhasilan. Bob sadar bahwa konsumen adalah raja yang harus dihargai dan dihormati. Ia selalu berusaha memberikan yang terbaik buat para konsumennya. Ia ingin agar para konsumennya merasa betah saat berbisnis dengannya.

Masih banyak lagi kiat-kiat bisnis ampuh ala Bob Sadino yang diuraikan dalam buku ini. Termasuk juga kisah-kisah unik yang dapat menjadi inspirasi bagi para calon entrepreneur. Dikisahkan juga sisi lain kehidupan seorang Bob Sadino yang selama ini kurang diketahui oleh orang banyak.

Buku ini sangat cocok dibaca semua kalangan, terutama mereka yang ingin menjadi seorang entrepreneur dan sedang menimba ilmu. Bob sendiri menuturkan bahwa untuk menjadi entrepreneur tidaklah sulit, tidak perlu pendidikan dan bakat khusus. Yang penting adalah mau bekerja dan mau belajar, serta mengetahui kiat-kiat rahasianya. Semuanya dibahas lengkap dalam buku ini.

Judul buku: Belajar Goblok dari Bob Sadino
Pengarang: Dodi Marwadi
Jumlah halaman: xxix + 150
Penerbit: Kintamani Publishing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer