Selasa, 22 Mei 2012

Sejarah Warnet di Indonesia

Warnet-Warnet Pertama Indonesia

Mungkin tidak jelas siapa penyelenggara Warnet pertama kali di Indonesia. Tampaknya aktifitas pembuatan Warnet mulai sekitar tahun 1996-1998. Wasantara dari PT. POS Indonesia dan Pointer yang merupakan spin-off dari CNRG ITB merupakan segelintir pionir Warnet di Indonesia. Pointer bahkan sempat berexperimen dengan VW Combi untuk Warnet keliling. 


Ada kabar berita pula bahwa pada tanggal 1 Juli 1995, dibentuk PT BoNet Utama yang merupakan adalah ISP swasta kedua setelah Indonet Jakarta. Kantor pertama BoNet terletak di Cafe Botanicus tengah Kebun Raya Bogor, yang secara naluriah langsung membuat warnet yang dikhususkan untuk turis-turis yang sedang berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Oleh karena itu, cukup sepadan jika kita mengatakan bahwa Warnet di Bogor dan juga di Indonesia adalah BoNet yang waktu itu terletak di tengah Kebun Raya Bogor.

Beberapa Warnet awal Indonesia lainnya antara lain adalah,

BoNet
CCF Surabaya
Cyber Corner Jkt
Toko Gunung Agung Jkt
Maga Yogya
GAMA Net Yogya
Pujayo Cafe Net Yogya
Pointer

Aktifitas pembuatan Warnet cukup marak di 1996-1998, beberapa pemain yang dominan antara lain adalah Wasantara dari PT. POS Indonesia, BONET dan Pointer adalah segelintir Warnet awal Indonesia.

Istilah Warnet

Warung Internet adalah sebuah kata yang berkembang diantara para aktifis Internet Indonesia di tahun 1997-1998 untuk sebuah kios yang memiliki banyak komputer untuk di sewakan bagi pengakses Internet. Pada masa itu, secara tidak sadar terjadi perebutan singkatan dari Warung Interne antara Warin dan Warnet. Seharusnya jika kita konsisten dengan proses menyingkat kata, seperti Warteg (Warung Tegal) dan Wartel (Warung Telekomunikasi), maka yang seharusnya di pilih adalah Warin.

Karena Internet, .Net, menjadi akhiran yang sangat menarik dalam jaringan Internet, maka kebanyakan rekan-rekan di masa itu lebih memilih istilah Warnet daripada Warin. Oleh karena itu tidak heran hingga saat ini Warnet diadopsi oleh masyarakat Indonesia.

Mailing List asosiasi-warnet@yahoogroups.com

Awalnya, semua aktifitas dilakukan di mailing list asosiasi-warnet@itb.ac.id di server ITB. Dengan pertimbangan bandwidth ITB yang terbatas ke Internet, pada tanggal 14 April 2000, diskusi rekan-rekan Warnet pindah ke asosiasi-warnet@egroups.com yang kemudian menjadi asosiasi-warnet@yahoogroups.com.

Asosiasi Warnet Indonesia


Pada tanggal 25 Mei 2000 merupakan hari bersejarah bagi rekan-rekan w:WARNET – karena telah lahir Asosiasi Warnet Indonesia yang ada secara fisik dalam pertemuan di kantor w:DIKMENJUR. Dalam sebuah rapat untuk melihat kemungkinan kerjasama antara rekan-rekan WARNET dengan SMK, yang di pimpin oleh DR. Gatot HP Direktur Menengah Kejuruan DIKNAS pada saat itu. Asosiasi Warnet Indonesia kemudian di kenal sebagai AWARI.

Ketua Asosiasi Warnet pertama adalah rekan Rudy Rusdiah, Bendahara rekan Adlinsyah dan Sekretaris Abdullah Koro. Tampaknya aktifias ketua AWARI waktu itu dirasakan tidak terlalu transparan kepada teman-teman Warnet. Di akhir 2001, di lakukan pertemuan rekan-rekan aktifis Warnet yang berakhir dengan di gantinya pengurus lama dengan presidium AWARI yang dipimpin oleh Judith MS, Michael Sunggiardi dan Abdullah Koro.

Sweeping Warnet

Operasional Warnet di Indonesia bukannya tanpa perjuangan dan tetesan darah para operatornya. Cukup banyak cerita  menyedihkan di dunia per-warnet-an di Indonesia. Pada sekitar tahun 2005-an contohnya:
  • Januari 2006, Malang, Sweeping & penyitaan komputer Warnet karena pornografi
  • Juli 2005, Semarang, Warnet Pointer di sweeping walaupun menggunakan OS Legal.
  • Juni 2005, Jogja, Sweeping 80 Warnet & 4 Institusi masalah software bajakan, dan disita komputer.
  • Mei 2005, Depok, Sweeping & penyitaan komputer Warnet karena software bajakan.
  • Mei 2005, Bandung, Sweeping & penyitaan komputer Warnet karena software bajakan.
  • Maret 2005, Cilacap, Warnet diciduk karena software bajakan dan Judith MS di tahan di POLRES Cilacap.
  • September 2004, Jogja, Sweeping Warnet dan RT/RW-net di anggap ISP gelap.
Sumber 1
Sumber 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer