Rabu, 03 Oktober 2012

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Acara yang mampu mengocok perut tak pernah usang oleh waktu. Lihat saja, dari dulu hingga sekarang, di layar kaca maupun bioskop bermunculan acara dan film humor yang menghibur, mulai dari srimulat hingga standup comedy. Dalam seni pertunjukkan negeri ini pun kerap kali skenarionya menyematkan unsur humor untuk mengundang rasa tawa. Aktivitas bersendau gurau nan santai ini tentu telah menjadi bagian dari seluruh aktivitas yang dijalani anak-anak hingga lansia. Aktivitas tersebut tidak hanya mujarab untuk mengembalikan pikiran yang positif, tapi juga memberikan manfaat kesehatan, baik itu secara fisik maupun psikologis. Wow! Menarik bukan?


Manfaat tertawa bagi kesehatan fisik

Ada beberapa poin positif yang diperoleh dari aktifitas "hahaha" alias tertawa ini, bahkan sudah ada yang menjadikannya sebagai bagian dari terapi kesehatan. Diambil dari artikel kesehatan "The Health Benefit of Laghter" pada situs Senior Health Medicare, terdapat beberapa manfaat positif dari tertawa bagi kesehatan, yaitu:

1. Membantu mengurangi rasa sakit.
Hal ini telah diteliti dr. Lee Berk, Pengajar Bidang Kesehatan Masyarakat dari Loma Linda University, Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut, terlihat bagaimana beberapa sampel darah dari responden yang telah diinformasikan 3 hari sebelumnya akan menonton film komedi, mengalami peningkatan sebesar 27% pada hormone beta-endorphins, sebuah hormone alamiah penekan rasa sakit.

2. Kesehatan Jantung. 
Manfaat tertawa lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan oleh Michael Miller MD FACC, Direktur Bidang Kardiologi Preventif dari University of Maryland Medical Miller, Amerika Serikat. Menurut Miller, dengan tertawa memungkinkan lapisan dalam pembuluh darah menjadi lebih lebar. Otomatis aliran darah berjalan lebih lancar, karena mampu mengurangi penyumbatan darah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh. 
Dr. Lee Berk juga membuktikan bahwa tertawa dapat meningkatkan jumlah dan tingkat aktivitas natural killer cells untuk menyerang sel jahat, seperti kanker. Ia juga dapat membantu menangani infeksi seluran pernapasan atas, serta meningkatkan gamma interferon, yaitu sejenis protein yang mampu mengaktifkan komponen-komponen penunjang sistem kekebalan tubuh.

Manfaat tertawa bagi kesehatan psikologis

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, tertawa menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan psikologis, yakni meningkatkan kepercayaan diri dan memberikan kekuatan mental untuk menghadapi konflik dan tantangan dalam hidup. Hal ini juga membantu kita keluar dari kecemasan dan depresi, memudahkan kita melupakan semua ketegangan dalam kehidupan kita sehari-hari yang selalu sibuk.

Tertawa meningkatkan kemampuan kita untuk berhubungan dengan orang lain. Hal ini juga menyebabkan sejumlah perubahan perilaku. Ini membuat kita bersemangat dan meningkatkan minat kami dalam kegiatan sehari-hari.

Tertawa juga menawarkan banyak manfaat sosial. Seseorang dengan wajah tersenyum selalu populer di antara kelompok atau rekan-rekannya. Tertawa mengurangi jarak antara di antara individu dan mendekatkan mereka bersama-sama. Hal ini meningkatkan komunikasi yang sehat dengan orang lain.

Tertawalah!

Tertawa positif mempengaruhi banyak aspek kehidupan kita, termasuk kesehatan, kesejahteraan dan energi, yang menyebabkan hidup kita sehat dan berkualitas. Jadi, kalau senyum dapat meningkatkan nilai wajah, tertawa memberi manfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis kita.

Jadi, tunggu apa lagi? Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang! Tertawalah dengan riang dan sesuka hati, asal masih di dalam batas kewajaran. Bersosialisasilah dengan teman-teman yang dianugerahi bakat melucu atau ajaklah teman atau kerabat untuk menonton acara-acara komedi! Sehingga manfaat tertawa bisa dirasakan bersama. Yang penting happy dan tidak merugikan siapa pun. Ahahahaha! :))

Sumber 1
Sumber 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer