Jumat, 28 September 2012

Tal Wilkenfeld, Bassis Cantik dan Berbakat

Tal Wilkenfeld lahir pada 2 Desember 1986 di Sydney, Australia. Dia adalah bassis yang telah memperoleh perhatian dunia dengan tampil bersama beberapa musisi rock dan jazz yang paling terkenal. Selain pekerjaannya sebagai musisi pendukung, ia telah berperan sebagai pemimpin band sendiri yaitu Eponymous band, yang beranggotakan Wayne Krantz, Keith Carlock, John Beasley dan Jeff "Tain" Watts. Pada tahun 2008, Wilkenfeld terpilih sebagai "The Year's Most Exciting New Player" dalam sebuah pilihan polling pembaca majalah Bass Player.


Kehidupan Awal 

Wilkenfeld mulai bermain gitar ketika ia berusia empat belas tahun. Dua tahun kemudian dia keluar dari sekolah, mengatakan bahwa "Hal itu tidak akan berguna bagi saya", dan beremigrasi ke Amerika Serikat di mana ia belajar gitar listrik. Dalam setahun ia beralih ke bass listrik. Wilkenfeld lulus dari Los Angeles Music Academy College of Music pada tahun 2004. Setelah beberapa bulan, ia menerima suatu dukungan dari Sadowsky Guitars; mengabdikan dirinya untuk membentuk sebuah band dan menulis lagu sendiri. Pada usia 18 ia pindah ke New York City dan mulai membentuk nama untuk dirinya di klub jazz di New York.


Karir Profesional

Pada awal 2009, Wilkenfeld tur Australia dan Jepang dengan Jeff Beck, yang berkomentar dalam sebuah wawancara, "Ini menarik untuk memiliki beberapa pemain yang luar biasa di band saya seperti Tal, yang berjarak sekitar, Anda tahu setengah, seperempat dari usia baik Vinnie atau saya. Dia jenius. Dia akan mengambil kesalahan yang kita, bahkan Vinnie dan aku rindu. Jadi dia adalah jangkar besar juga ".

Beberapa minggu kemudian mereka pergi untuk tur di Amerika Serikat, mulai dari undangan Beck ke Rock and Roll Hall of Fame di mana mereka memainkan "Beck's Bolero" dan bergabung dengan Jimmy Page pada "Immigrant Song".

Pada bulan Oktober, Wilkenfeld kembali dengan Beck di Madison Square Garden untuk Rock and Roll Hall Of Fame's 25th Anniversary, untuk dua malam konser. Termasuk Buddy Guy pada "Let Me Love You Baby", Sting menyanyikan " People Get Ready " dan Billy Gibbons pada "Lady Foxy". DVD Anniversary Rock and Roll Hall Of Fame Concerts yang dirilis pada tahun 2010 menampilkan pertunjukan ini, dengan "Big Block", "A Day in the Life" dan "Freeway Jam". Selain Wilkenfeld pada empat lagu di album baru Beck, Emosi & Commotion.
Setelah tiga tahun dengan Beck, Wilkenfeld kembali menulis dan merekam sebagai artis solo. Ketika bekerja di Los Angeles ia diminta untuk berkontribusi dalam The Imagine Project milik Herbie Hancock, pada "A Change is Gonna Come" dan "Don't Give Up", untuk The Sellout-nya Macy Gray pada  "That Man" dan Six String Theory milik Lee Ritenour pada  "68", "In your Dreams", "Give Me One Reason" dan pada lagu milik Guthrie Govan yang berjudul "Fives", yang dilengkapi dengan solo Wilkenfeld.

Pada 23 Mei 2010 ia muncul dalam acara ulang tahun ke-40 The Potato Baked di Amphitheater Ford dengan band milik Steve Lukather. Pada bulan Juni dan Juli disertai Herbie Hancock, ia keliling Amerika Serikat, Kanada dan Eropa untuk mempromosikan rilis baru yang telah ia mainkan. Tur pendek ini termasuk sebuah acara khusus di Carnegie Hall untuk merayakan ulang tahun ke-70 Hancock. Wilkenfeld juga tampil dengan Hiram Bullock , Susan Tedeschi , Rod Stewart , John Mayer dan Prince.


 Peralatan

Wilkenfeld diendors oleh Sadowsky untuk bass gitar and senar, serta EBS Professional Bass Equipment untuk amplifier, kabinet, and efek pedal.


Diskografi
  • 2007 Transformation; Wilkenfeld's first solo effort on CD
  • 2007 "Crossroads: Eric Clapton Guitar Festival 2007"; Tal's performance with Jeff Beck on "Cause We've Ended as Lovers" and "Big Block".
  • 2008 Live at Ronnie Scott's Jeff Beck CD
  • 2009 Live at Ronnie Scott's Jeff Beck DVD
  • 2010 Emotion & Commotion Jeff Beck CD
  • 2010 The Imagine Project Herbie Hancock CD
  • 2010 The Sellout Macy Gray CD; Wilkenfeld performs on the track "That Man"
  • 2010 Six String Theory Lee Ritenour CD; Wilkenfeld performs on "68" with Steve Lukather, Neal Schon, and Slash; "In your Dreams" With Steve Lukather and Lee Ritenour; "Give Me One Reason" with Joe Bonamassa and Robert Cray; and "Fives" with Guthrie Govan which features a solo by Wilkenfeld.
  • 2010 "The 25th Anniversary Rock & Roll Hall of Fame Concerts" DVD Featuring Wilkenfeld with Jeff Beck, Sting, Buddy Guy, and Billy Gibbons.
  • 2010 "Rock and Roll Hall of Fame + Museum LIVE LEGENDS" DVD; featuring Wilkenfeld with Jeff Beck and Jimmy Page.
  • 2012 Jacaranda Trevor Rabin CD



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer