Senin, 09 Juli 2012

Mengenal Jenis dan Cara Kerja Keylogger

Keyloger merupakan perekam aktivitas ketukan keyboard dan window event yang digunakan untuk memantau kegiatan keyboard komputer, setiap tombol yang ditekan oleh user maka semua record akan disimpan oleh keylogger.


Keyloger terdiri dari 2 macam yaitu :

1. Hardware

Cara kerja Hardware Keylogger, cukup diinputkan ke port PS2, lalu inputkan port keyboard diatasnya. keylogger yang ditancapkan pada keyboard akan merekam semua segala aktivitas menggunakan keyboard. Cara ini lebih efektif daripada software keylogger. Dikarenakan antivirus tidak bisa mendeteksinya. Walau cenderung mahal, tapi alat ini dapat menyimpan data rekaman sampai setahun lamanya. Alat ini juga diluar dari system. Menyimpan di memory tersendiri. Sehingga hanya orang yang mengaktifkannya yang dapat membukanya. Tapi ada satu kekurangannya, hardaware keylogger dapat terlihat, jadi kalau anda online di warnet/komputer publik, dan melihat sesuatu yang aneh di port keyboardnya. Berhati-hatilah, mungkin saja komputer yang anda gunakan sudah dipasangi Keylogger.




2. Software

Sedangkan Softwarenya Keyloger ini bekerja sangat sederhana, di mana dia akan berjalan tanpa sepengetahuan si pengguna lain kecuali si pemasang. Tinggal diinstal di komputer, lalu orang yang menggunakan komputer tersebut akan terekam seluruh kegiatannya yang menggunakan keyboard, termasuk kegiatan memasukkan password, username ataupun email. Bisa saja hal ini dilakukan oleh para pemilik atau penjaga warnet yang iseng dan tidak bertanggung jawab, atau bisa saja dilakukan oleh si pengguna komputer sebelumnya dengan cara mematikan fungsi antivirus atau pelindungnya terlebih dahulu lalu kemudian menginstal keylogger.

Aplikasi ini juga bisa dimodifikasi menjadi sebuah trojan, di mana dia akan melakukan instal sendiri begitu si penerima email membukanya. Selanjutnya trojan ini akan mencatat semua aktifitas Anda dan mengirimkan data-data tadi ke sipencuri melalui email saat komputer korban terkoneksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topi dan Kaos Custom

Entri Populer